Sabtu, 02 Januari 2010

Rahasia Wok Hei / Wok Chi I

“Rahasia Naga besi dan Naga api melahirkan Naga yang berapi-api”

Masakan Asia yang enak tertutama nasi goreng dan tumisan membuat saya selalu berpikir, “apa bumbu rahasia yang mereka gunakan?”

Ada sesuatu yang menjiwai setiap hidangan tersebut bagaikan 2 roh naga yang berapi-api, membuat hidangan tersebut begitu menghipnotis siapapun yang menyantapnya. Bayangan Naga itu seakan menguasai kehidupan saya seperti serbuk heroin yang membuat siapapun kecanduan. Apa rahasia dibalik itu? Dan darimana naga itu muncul?

Sejak jaman dinasti Han atau sejak manusia memukul logam untuk membuat pedang dan prisai, sejak saat itulah Wok lahir. Dengan kekuatan prisai baja dan ketajaman sebilah pedang lahirlah Naga Besi yang menjiwai sebuah Wok. Jangan heran bila seorang juru masak harus memiliki skill yang tinggi untuk menggunakan sebuah Wok selayaknya seorang prajurit perang yang harus menguasai tehnik bertahan sekaligus membunuh menggunakan prisai dan pedang. Inti dari keahlian menggunakan Wok terletak pada elemen api, yaitu bagaimana seorang juru masak terlatih mengendalikan Naga Api.

Inilah penjelasan tentang rahasia pertama

Kita mengenal rasa gurih, kadang kita mendeskripsikan rasa gurih sebagai perpaduan rasa manis dan asin. Salah! Coba anda larutkan gula dan garam kedalam segelas air dan rasakan, apakah anda menemukan rasa gurih? Saya yakin tidak.

Karena gurih bukanlah semata rasa yang diterima lidah seperti halnya rasa manis, asin, asam dan pahit. Gurih adalah Taste and smell , sedangkan rumus Flavor = Taste + smell, jadi simpulkan sendiri. Suatu makanan dikatakan “Enak!” “Taste good” apabila makanan itu mempunyai smell yang dapat diartikan oleh otak sebagai “Taste good”.

Wow nasi goreng-nya Enak! Nah berbekal penjelasan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa smell/aroma nasi goreng itu mampu membuat orang berkata “Enak!” Inilah RAHASIA dari nikmatnya nasi goreng yang dibuat oleh chef restoran china dan tukang nasi goreng di pinggir jalan.

Sejauh ini kita mengetahui RAHASIA suatu masakan terdapat di Smell/aroma.

Rahasia berikutnya adalah “darimana Naga yang berapi-api itu muncul dan bagaimana membangkitkan Naga yang berapi-api itu?”

Anda pasti bertanya-tanya “apa itu naga yang berapi-api?”

Rahasia besarnya adalah anda harus tertarik menemukan rahasia berikutnya,

Besambung ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar